Calon Menhub Coky Leonardo Panjaitan: Perubahan Sektor SDM, Kunci Keberhasilan Perbaikan Sektor Perhubungan!

Minggu, 4 Agustus 2024 - 14:07

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Calon Menteri Perhubungan (Menhub) Coky Leonardo Panjaitan (kedua dari kiri) tengah melakukan inspeksi parkiran liar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (3/8/2024). Foto: Tajukflores.com

Calon Menteri Perhubungan (Menhub) Coky Leonardo Panjaitan (kedua dari kiri) tengah melakukan inspeksi parkiran liar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (3/8/2024). Foto: Tajukflores.com

Sumba Times – Karut marut sektor perhubungan di Indonesia dinilai disebabkan oleh banyaknya orang yang tidak kompeten dalam tata kelolanya. Masalah seperti kemacetan, minimnya transportasi umum yang layak, hingga permainan harga tiket menjadi beberapa penyebab utama yang disorot oleh calon Menteri Perhubungan (Menhub) di kabinet Prabowo-Gibran, Captain Coky Leonardo Panjaitan.

Captain Leon, yang sering disebut sebagai calon Menteri Perhubungan dalam kabinet Prabowo-Gibran, mengemukakan pandangannya saat berkunjung ke Samarinda pada Jumat (2/8) lalu.

“Bagaimana bisa berjalan baik, jika orang-orang di dalamnya banyak yang tak memiliki kompetensi. Ini yang harus diubah agar pembenahan ke bawahnya dapat terkoordinasi dengan baik,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat berada di ibu kota Kalimantan Timur, Captain Leon merasa miris melihat kondisi lalu lintas di Samarinda yang dinilainya jauh tertinggal dibanding Balikpapan.

Ia menyempatkan diri untuk melihat antrean di SPBU yang menambah kemacetan, serta bahu jalan yang dijadikan lahan parkir, sehingga menggerus lebar jalan.

“Setelah saya amati, permasalahan di sini terkait parkir liar, pungli, dan tak adanya transportasi publik yang nyaman,” urai pria yang berpengalaman sebagai nakhoda kapal di luar negeri tersebut.

Captain Leon menyarankan agar pemerintah daerah membuat regulasi yang mengatur parkir sehingga bisa menjadi sumber pemasukan daerah.

Menurutnya, pemerintah daerah perlu menggandeng pihak ketiga dalam tata kelola parkir, di mana juru parkir (jukir) dipekerjakan dan mendapat gaji bulanan.

“Dengan kondisi seperti yang saya lihat, jika ini bisa dikelola bersama swasta, bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jangan seperti sekarang, jasa yang dibayarkan masyarakat itu larinya kemana,” tegas mantan Kepala Badan Pengawas Nasional Indonesia ini.

Baca juga:  Bukan Emi Nomleni, Megawati Pilih Ansy Lema sebagai Bacagub Pilgub NTT 2024 dari PDIP

Captain Leon menekankan pentingnya ketegasan dari pemerintah daerah untuk menciptakan ketertiban. Ia mencontohkan banyak pelaku usaha yang membuka unit bisnis tanpa memikirkan fasilitas parkir, yang berdampak pada penggunaan bahu jalan untuk parkir.

“Lihat saja ada rumah makan yang ramai, orang datang lalu parkir di bahu jalan yang notabene dibangun dari pajak rakyat. Mereka untung, tapi pendapatan parkirnya tidak masuk ke kas daerah,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Adrian G

Editor : MG

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Pilgub Sumut 2024: Nikson Nababan Raih Elektabilitas Tertinggi
Intip Akun Instagram dan Tiktok Asli Marisa Putri, Mahasiswi Tabrak Pemotor di Pekanbaru
10 Kapal Wisata di Labuan Bajo Manipulasi Pajak, Pemda Mabar dan KPK Bertindak
Bukan Emi Nomleni, Megawati Pilih Ansy Lema sebagai Bacagub Pilgub NTT 2024 dari PDIP
Juara Pertama Putri LPS Monas Half Marathon, Odekta Elvina Naibaho Akhirnya Wujudkan Nazar Bangun Gereja!
Siapa Uskup Terpilih Keuskupan Labuan Bajo? Begini Kata Umat Katolik Labuan Bajo
Waketum KSPSI Nilai Melki Laka Lena Sosok Ideal Pimpin NTT, Ini Buktinya!
Mario Pranda Jadi Penantang Terkuat Bupati Edi Endi di Pilkada Manggarai Barat 2024, Ini Buktinya!

Berita Terkait

Kamis, 29 Agustus 2024 - 20:15

Viralnya Video Kasus Perundungan di SMP 3 Sungguminasa

Selasa, 27 Agustus 2024 - 18:52

Briptu Putri Sirty Cikita Sabunge Polwan Cantik yang Tengah Viral di Media Sosial

Jumat, 23 Agustus 2024 - 22:08

Link Video Syur Diduga Mirip Azizah Salsha yang Bikin Heboh Durasi Full

Berita Terbaru